Meninjau Pembangunan Sarana Infrastruktur, Samaun Dahlan, S.Sos., MAP Mendapat Respon Positif Dari Berbagai Masyarakat

Upaya pembangunan sarana infrastruktur di masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Fakfak, dalam hal ini oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Fakfak (Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak) sebagai instansi teknis. Melalui berbagai program kerja serta kebijakan pembangunan yang dilakukan, Samaun Dahlan, S.Sos., MAP selaku Kepala Dinas PUPR2KP Fakfak terus bekerja keras mendorong upaya percepatan pembangunan sarana infrastruktur di Kabupaten Fakfak yang meliputi 17 Distrik, 7 Kelurahan hingga 142 Kampung yang dimiliki.

 

 

Sebab dengan adanya pembangunan sarana infrastruktur yang memadai tentunya diharapkan dapat membawa dampak positif  Pembangunan Ekonomi Masyarakat Fakfak yang akan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup. Pertumbuhan ekonomi sendiri akan berpengaruh terhadap investasi. Sedangkan peningkatan kualitas hidup akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dalam kunjungan kerjanya Kepala Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan., S.Sos., MAP pada Sabtu, 2 November 2019 ke Distrik Kokas langsung meninjau kegiatan Peningkatan Ruas Jalan Kokas – Patimburak yang sedang dikerjakan dengan total panjang jalan yang sudah di aspal kurang lebih 700 m. Peningkatan Jalan Ruas Kokas – Patimburak diharapkan dapat membantu akses jalan antar kampung bagi masyarakat setempat.

Selanjutnya setelah meninjau kegiatan Peningkatan Jalan Ruas Kokas – Patimburak, Samaun Dahlan, S.Sos., MAP beserta rombongan yang kali ini ditemani oleh Yakobus Tandung, ST., M.Si selaku Kepala Bidang Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak dan Andi Faroland, ST selaku Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak pun bertolak menuju Pembangunan Masjid Al Ainun di Kampung Sisir, Distrik Kokas. Pembangunan Masjid Al – Ainun di Kampung Sisir yang saat ini sedang dikerjakan diharapkan segera rampung dan dapat dipergunakan oleh masyarakat setempat dengan baik dan nyaman.

Berikutnya masih dalam rangkaian kunjungan ke Distrik Kokas, Samaun Dahlan., S.Sos., MAP pun menyempatkan diri meninjau Puskesmas yang ada di Distrik Kokas. Didampingi langsung oleh Kepala Puskesmas Distrik Kokas saat kunjungan di lokasi puskesmas menyampaikan usulan terkait kondisi jalan menuju Distrik Kokas dan lahan parkir yang harus ditangani dengan baik serta permasalahan kondisi sarana air bersih berupa baik air yang saat ini kondisinya tidak lagi berfungsi secara baik

Seusai kunjungan kerja di Distrik Kokas, Samaun Dahlan., S.Sos., MAP berserta tim dengan menggunakan tiga kendaraan roda empat pun langsung bertolak menuju Distrik Teluk Patipi dan Distrik Furwagih. Dalam kunjungan kerja tersebut, kegiatan Pemeliharaan Jalan Kayuni – Teluk Patipi menjadi salah satu kegiatan yang ditinjau pengerjaannya. Akses jalan yang sedang dikerjakan diharapkan dapat menambah kenyamanan pengendara yang melalui ruas jalan tersebut.

Bertolak dari lokasi kegiatan Pemeliharaan Jalan Kayuni – Teluk Patipi, masih mengenai kegiatan pembangunan akses jalan yang kali ini di Distrik Furwagih melalui anggaran DAK Afirmasi, Samaun Dahlan., S.Sos., MAP mengupayakan Peningkatan Jalan ke Distrik Furwagih dengan total 5 Km panjang jalan yang sedang dikerjakan saat ini diharapkan dapat segera rampung. Kebutuhan akan akses jalan di Kabupaten Fakfak memang menjadi salah satu kebutuhan yang menjadi prioritas di masyarakat. Untuk itu, melalui program dan kebijakan yang diambil oleh Samaun Dahlan, S.Sos., MAP selaku Kepala Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak kebutuhan akan pembangunan sarana infrastruktur jalan tidak hanya didukung oleh pendanaan APBD, melainkan diupayakan juga melalui pendanaan APBN dalam hal ini melalui Pendanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) baik itu melalui DAK Reguler, DAK Penugasan dan DAK Afirmasi.

 

Kunjungan kerja yang dilakukan selama dua hari ini kemudian ditutup dengan agenda kerja di hari yang ke dua. Berkunjung ke Distrik Furwagi selain meninjau proyek pembangunan jalan menuju distrik, agenda lain yang dilakukan yaitu menghadiri undangan pemancangan tiang alif dan kubah Masjid Al Hisan di Kampung Tawar, berikutnya melalukan Monitoring Pembangunan Gereja di Kampung Puar dengan luasan 550 M2 yang saat ini kondisinya telah mencapai 70 – 80 %. Selain itu Samaun Dahlan., S.Sos., MAP pun diundang untuk meninjau Gereja di Kampung Wos. Dalam kunjungan kerjanya ke Masjid Al Hisan dan ke dua gereja tersebut, masyarakat setempat begitu antusias menyambut kedatangan Samaun Dahlan, S.Sos., MAP beserta tim. Selanjutnya Samaun Dahlan, S.Sos., MAP menyampaikan komitmennya untuk berupaya mengakomodir kegiatan yang saat ini sedang dikerjakan beserta usulan kegiatan lainnya di Tahun 2020.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *