TINJAU PEMBANGUNAN BANDAR UDARA DI SIBORU, SAMAUN DAHLAN OPTIMIS CIPTAKAN IKLIM INVESTASI POSITIF DI KABUPATEN FAKFAK

 

Selasa, 20 November 2019 Samaun Dahlan, S.Sos., MAP selaku Kepala Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak beserta Kepala Bidang Bina Marga Yakobus Tandung P, ST., M.Si melakukan kunjungan kerja meninjau pekerjaan pematangan lahan Bandar Udara Jacob Patipi di Kampung Siboru, Distrik Wartutin. Pekerjaan Pematangan Lahan Pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi ini terdiri dari dua kegiatan utama yang sedang dikerjakan yaitu pekerjaan galian dan timbunan. Untuk pekerjaan galian terdiri dari pekerjaan galian biasa dan galian batu, sedangkan pekerjaan timbunan meliputi pekerjaan timbunan galian dan timbunan pihan material tertentu.

 

Pekerjaan pematangan lahan yang sedang dikerjakan saat ini difokuskan bagi pembangunan sisi darat yaitu kawasan terminal sesuai dengan kesepakatan Pemerintah Daerah dengan Kementerian Perhubungan. Adapun fasilitas yang dibangun dari sisi darat diantaranya pembangunan terminal penumpang, kantor, kawasan parkir, rumah jaga, pemadam kebakaran dan fasilitas umum lainnya yang sering ditemui pada bandara.

Sedangkan untuk pembangunan sisi udara dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan dengan menggunakan anggaran Multi Years. Anggaran Multi Years atau Kontrak Tahun Jamak adalah Kontrak yang pelaksanaan pekerjaannya membebani dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih dari 1 (satu) tahun anggaran. Dijelaskan oleh Samaun Dahlan, untuk memperoleh persetujuan Anggaran Multi Years tersebut, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak berupaya melengkapi dan menyerahkan sertifikat kepada pihak Kementerian Perhubungan sebagai syarat ke Kementerian Keuangan untuk disetujui terkait penggunaan anggaran multi years yang dimaksud.

Sehingga Proyek pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi yang saat ini sedang dikerjakan dipastikan telah memenuhi segala persyaratan administrasi dan persyaratan teknis lewat berbagai kajian ilmiah dan menjadi salah satu prioritas pembangunan Bandar Udara oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak.

Selanjutnya saat ditengah-tengah kunjungan kerjanya Samaun Dahlan menyampaikan harapan dan rasa optimisnya dengan dibangunnya Bandar Udara Jacob Patipi. Maka pertumbuhan sektor ekonomi dan investasi di Kabupaten Fakfak akan semakin lebih baik. Dalam hal ini terkait pengembangan sektor kepariwisataan, dimana seperti yang kita ketahui bahwa Kabupaten Fakfak memiliki berbagai destinasi wisata alam dan budaya yang begitu menarik untuk dipromosikan dan menambah nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

Selain itu dengan pembangunan Bandar Udara Jacob Patipi tentunya akan menambah maskapai penerbangan yang ada di Kabupaten Fakfak, sehingga akses transportasi udara semakin lancar.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *