Cegah Genangan Saat Hujan, Dinas PUPR2KP Fakfak Rutin Melakukan Pemeliharaan Saluran

Kondisi curah hujan yang tinggi dengan intensitas yang hampir terjadi setiap harinya di Wilayah Fakfak dan sekitarnya perlu menjadi perhatian bersama. Tidak hanya dari dinas terkait, pihak masyarakat pun diharapkan partisipasinya dalam hal menjaga kebersihan lingkungan dan khususnya merawat saluran drainase dengan tidak membuang sampah. Sehingga kejadian tergenangnya air pada beberapa saluran khususnya yang berada di wilayah perkotaan tidak memberikan dampak buruk bagi masyarakat tersebut.

Namun pada realisasinya, kondisi saluran yang ada di Wilayah Perkotaan Fakfak masih terdapat genangan air pada beberapa titik. Menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPR2KP) Kabupaten Fakfak sebagai instansi teknis yang menangani Kegiatan Pemeliharaan Jalan pada Bidang Bina Marga selalu rutin mengadakan pembersihan saluran pada beberapa ruas jalan di wilayah Kota Fakfak.

Adapun jenis sampah yang umumnya diperoleh dari pembersihan saluran yang dilakukan diantaranya terdapat sedimen tanah yang bercampur dengan sampah plastik, kayu, kaca dan beberapa sampah organik rumah tangga lainnya. Untuk itu, Syifa Nur Rahman Manfaati,ST selaku Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan menghimbau bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan mengetahui fungsi saluran yang semestinya. Agar tidak membuang sampah pada saluran yang dapat mengakibatkan tergenangnya air akibat tersumbatnya saluran akibat endapan sampah tanah  dan batu yang berlebih. (18/06/2020)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *